NAMA : SUWARNO
NIM : 0808036106
TUGAS : RESUME 5 LANDASAN PENDIDIKAN
PBL AND E-BREAKTHROUGH THINKING
(Pelajaran berbasis maslah dan terobosan berfikir secara elektronik)
Proses PBL mengembangakan stimulus kognitif diantarnya : pengumpulan , penghubungan dan informasi komunikasi dengan memanfaatkan sekenario pembelajaran melalui berbagia media.
Desain PBL
- Mengubah analisa tradisonal ke analisa multi dimensi holistik
- Mengembangkan intelengensi
- Membuat sekenario multiple masalah
- Disajikan dengan berbagai media
Tahap pengumpulan informasi pada E-PBL meliputi :
- Menghubungkan informasi
- Mengkomunikasikan informasi
- Mendukung ide dari munculnya pemikiran
- Pemeriksaan
Paradigma PBL
- Penampilan yang tidak teratur
- Ilustrasi yang tidak teratur
- Pemborosan waktu program
- Pencarian informasi yang aktif
- Motivasi
- Orientasi tujuan
- Pemikiran generatif
Pemikiran kognitif manusia menurut HICKS (1991) dalam menyelesaikan masalah
- Mengenali masalah
- Tidak tahu bagaimana cara memecahkanya
- Keinginan untuk memecahkan masalah
- mampu untuk mencari solusi
Ada beberapa masalah kognitif menurut TAN (2003):
- Kegagalan
- Perhatian langsung
- Ingin ada peningkatan
- Observasi yang tidak jelas
- Celah dalam informasi dan pengetahuan
- Pembuatan keputusan
- Kebutuhan
Manfaat teknologi dalam pemecahan masalah
- dapat mengatur informasi dan data
- dapat melakukan konektisitas
- dapat mengulang keadaan masalah dalam beberapa hal untuk menganalisa dan mempelajari
Ingatan manusia menurut SAL THOUSE & BABCOCK
- Capacity storage
- Operational capacity
Kesimpulan
Seiring dengan banyaknya permasalahan di masyarakat guru perlu meningkatkan dan mengembangakan berbagai macam model pembelajaran termasuk memanfaatkan jaringan elektronik seperti internet dalam pembelajaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar