Translate

Senin, 15 Agustus 2011

landasan pendidikan 5

NAMA            : SUWARNO
NIM                : 0808036106
TUGAS           : RESUME 5 LANDASAN PENDIDIKAN

PBL AND E-BREAKTHROUGH THINKING
(Pelajaran berbasis maslah dan terobosan berfikir secara elektronik)
Proses PBL mengembangakan stimulus kognitif diantarnya  : pengumpulan , penghubungan dan informasi komunikasi dengan memanfaatkan sekenario pembelajaran melalui berbagia media.
Desain PBL
  1. Mengubah analisa tradisonal ke analisa multi dimensi holistik
  2. Mengembangkan intelengensi
  3. Membuat sekenario multiple masalah
  4. Disajikan dengan berbagai media
Tahap pengumpulan informasi pada E-PBL meliputi :
  1. Menghubungkan informasi
  2. Mengkomunikasikan informasi
  3. Mendukung ide dari munculnya pemikiran
  4. Pemeriksaan
Paradigma PBL
  1. Penampilan yang tidak teratur
  2. Ilustrasi yang tidak teratur
  3. Pemborosan waktu program
  4. Pencarian informasi yang aktif
  5. Motivasi
  6. Orientasi tujuan
  7. Pemikiran generatif




Pemikiran kognitif manusia menurut HICKS (1991) dalam menyelesaikan masalah
  1. Mengenali masalah
  2. Tidak tahu bagaimana cara memecahkanya
  3. Keinginan untuk memecahkan masalah
  4. mampu untuk mencari solusi
Ada beberapa masalah kognitif menurut TAN (2003):
  1. Kegagalan
  2. Perhatian langsung
  3. Ingin ada peningkatan
  4. Observasi yang tidak jelas
  5. Celah dalam informasi dan pengetahuan
  6. Pembuatan keputusan
  7. Kebutuhan
Manfaat teknologi dalam pemecahan masalah
  1. dapat mengatur informasi dan data
  2. dapat melakukan konektisitas
  3. dapat mengulang keadaan masalah dalam beberapa hal untuk menganalisa dan mempelajari
Ingatan manusia menurut SAL THOUSE & BABCOCK
  1. Capacity storage
  2. Operational capacity

Kesimpulan
Seiring dengan banyaknya permasalahan di masyarakat guru perlu meningkatkan dan mengembangakan berbagai macam model pembelajaran termasuk memanfaatkan jaringan elektronik seperti internet dalam pembelajaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar