RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ..................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester : 6/ Pertama
Standar Kompetansi : 1. Memahami tek dan cerita anak yang dibacakan
Waktu : 2 X 35 menit
MENDENGARKAN
A. Kompetensi Dasar
1.1 Menulis hal-hal penting/ pokok dari suatu Teks yang dibacakan/didengarkan
B. Tujuan Pembelajaran**
§ Siswa dapat Mendengarkan pembacaan teks
§ Siswa dapat Melengkapi pernyataan yang sesuai dengan teks
§ Siswa dapat Menentukan hal-hal penting dari teks yang didengarkan
§ Siswa dapat Meringkas teks yang didengar-kan berdasarkan hal-hal penting/ pokok
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
C. Materi Pokok
§ Teks Bacaan
D. Pengalaman Belajar
§ Kegiatan Awal :
Apersepsi dan Motivasi :
- Tanya jawab tentang Materi pelajaran yang akan dipelajari
- Mengajukan pertanyaan tentang teks bacaan yang akan didengar
§ Kegiatan Inti :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mendengarkan pembacaan teks
F Melengkapi pernyatan yang sesuai dengan teks
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menentukan hal-hal penting dari teks yang didengarkan
F Meringkas teks yang didengarkan
F Menceritakan kembali isi teks yang didengar
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Tanya jawab,diskusi,penugasan
F Membaca buku lain yang relevan dengan Materi pelajaran
E. Metode/Sumber Belajar:
§ Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
§ Sumber Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP
F. Penilaian
Indikator Pencapaian | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen |
· Siswa dapat mendengarkan pembacaan teks · Siswa dapat melengkapi pernyataan yang sesuai dengan teks · Siswa dapat menentukan hal-hal penting dari teks yang didengarkan · Siswa dapat meringkas teks yang didengarkan berdasar-kan hal-hal penting/ pokok | Lisan Tertulis Penugasan | Lembar penilaian Produk | · Lengkapi-lah pernyataan yang sesuai dengan teks! · Ringkaslah teks yang didengar-kan berdasar-kan hal-hal penting / pokok! |
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
& Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. 3. | Pengetahuan Praktek Sikap | * Pengetahuan * kadang-kadang Pengetahuan * tidak Pengetahuan * aktif Praktek * kadang-kadang aktif * tidak aktif * Sikap * kadang-kadang Sikap * tidak Sikap | 4 2 1 4 2 1 4 2 1 |
& LEMBAR PENILAIAN
No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | ||
Pengetahuan | Praktek | Sikap | |||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. | | | | | | | |
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel Bahasa Indonesia.
.................................. ..................................
NIP : NIP :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ..................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Standar Kompetansi :1. Mendengarkan
Memahami tek dan cerita anak yang dibacakan
Waktu : 2 X 35 menit
MENDENGARKAN
A. Kompetensi Dasar
1.2 Mengidentifikasi tokoh,watak,latar,tema ,amanat,dari cerita anak yang dibacakan.
B. Tujuan Pembelajaran**
§ Siswa dapat Mendengarkan cerita anak
§ Siswa dapat Menjawab pertanyaan sesua dengan cerita yang didengar
§ Siswa dapat Menentukan tokoh dan sifat tokoh cerita
§ Siswa dapat Menentukan latar cerita
§ Siswa dapat Menceritakan kembali cerita yang didengar
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
C. Materi Pokok
§ Cerita anak
D. Pengalaman Belajar
§ Kegiatan Awal :
Apersepsi dan Motivasi :
- Tanya jawab tentang Materi pelajaran yang akan dipelajari
- Mengajukan pertanyaan tentang cerita anak yang pernah dibaca atau didengar
§ Kegiatan Inti :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mendengarkan cerita anak
F Menjawab pertanyaan sesuai dengan cerita yang didengar
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menentukan tokoh dan sifat tokoh cerita
F Menentukan latar cerita
F Menceritakan kembali cerita yang didengar
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Tanya jawab,diskusi,penugasan
F Membaca buku cerita anak
E. Metode/Sumber Belajar:
§ Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
§ Sumber Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP
F. Penilaian
Indikator Pencapaian | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen |
· Siswa dapat mendengarkan cerita anak · Siswa dapat menjawab pertanyaan sesuai dengan cerita yang didengar · Siswa dapat menentukan tokoh dan sifat tokoh cerita · Siswa dapat menentukan latar cerita · Siswa dapat menceritakan kembali cerita yang didengar | Lisan Tertulis Penugasan | Uraian | · Jawablah pertanyaan sesuai dengan cerita yang didengar! |
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
& Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. 3. | Pengetahuan Praktek Sikap | * Pengetahuan * kadang-kadang Pengetahuan * tidak Pengetahuan * aktif Praktek * kadang-kadang aktif * tidak aktif * Sikap * kadang-kadang Sikap * tidak Sikap | 4 2 1 4 2 1 4 2 1 |
& LEMBAR PENILAIAN
No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | ||
Pengetahuan | Praktek | Sikap | |||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. | | | | | | | |
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel Bahasa Indonesia.
.................................. ..................................
NIP : NIP :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ..................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester : 6/ Pertama
Standar Kompetansi : 2. Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan
Waktu : 2 X 35 menit
BERBICARA
A. Kompetensi Dasar
2.1 Menyam-paikan pesan/informasi yang diperoleh dari berbagai media dengan bahasa yang runtut,baik dan benar
B. Tujuan Pembelajaran**
§ Siswa dapat memahami berbagai jenis iklan
§ Siswa dapat menyampaikan isi iklan secara lisan
§ Siswa dapat mencari iklan di surat kabar kemudian menyampaikan isinya
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
C. Materi Pokok
§ Teks Iklan
D. Pengalaman Belajar
§ Kegiatan Awal :
Apersepsi dan Motivasi :
- Tanya jawab tentang Materi pelajaran yang akan dipelajari
- Mengajukan pertanyaan tentang iklan yang pernah dibaca atau didengar
§ Kegiatan Inti :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memahami aneka jenis iklan
F Menyampaikan isi iklan secara lisan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mencari iklan dari surat kabar kemudian menyampaikan isinya
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Tanya jawab,diskusi,penugasan
F Menyusun iklan
E. Metode/Sumber Belajar:
§ Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
§ Sumber Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP
F. Penilaian
Indikator Pencapaian | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen |
· Siswa dapat memahami berbagai jenis iklan · Siswa dapat menyampaikan isi iklan secara lisan · Siswa dapat mencari iklan di surat kabar kemudian menyampaikan isinya | Lisan Tertulis Penugasan | Lembar penilaian Produk | · Carilah iklan di surat kabar kemudian menyampaikan isinya! |
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
& Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. 3. | Pengetahuan Praktek Sikap | * Pengetahuan * kadang-kadang Pengetahuan * tidak Pengetahuan * aktif Praktek * kadang-kadang aktif * tidak aktif * Sikap * kadang-kadang Sikap * tidak Sikap | 4 2 1 4 2 1 4 2 1 |
& LEMBAR PENILAIAN
No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | ||
Pengetahuan | Praktek | Sikap | |||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. | | | | | | | |
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel Bahasa Indonesia.
.................................. ..................................
NIP : NIP :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ..................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester : 6/ Pertama
Standar Kompetansi : 2. Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan
Waktu : 2 X 35 menit
BERBICARA
A. Kompetensi Dasar
2.2 Menanggapi ( memuji, mengkritik) sesuatu hal disertai alas an yang jelas dengan menggunakan bahasa yang santun
B. Tujuan Pembelajaran**
§ Siswa dapat Memperagakan percakapan bersama teman
§ Siswa dapat Membuat kalimat pujian
§ Siswa dapat Membuat percakapan sederhana dengan menggunakan kalimat pujian
§ Siswa dapat Memperagakan percakapan yang telah dibuat
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
C. Materi Pokok
§ Kalimat pujian
D. Pengalaman Belajar
§ Kegiatan Awal :
Apersepsi dan Motivasi :
- Tanya jawab tentang Materi pelajaran yang akan dipelajari
- Mengajukan pertanyaan tentang kalimat pujian yang pernah diucapkan atau didengarnya
§ Kegiatan Inti :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menyampaikan informasi penting secara lisan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memperagakan wawancara bersama teman
F Menycatat informasi penting dalam wawancara tersebut
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Tanya jawab,diskusi,penugasan
F Menyusun kalimat pujian
E. Metode/Sumber Belajar:
§ Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
§ Sumber Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP
F. Penilaian
Indikator Pencapaian | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen |
· Siswa dapat memperagakan perca-kapan bersama teman · Siswa dapat membuat kalimat pujian · Siswa dapat membuat percakapan sederhana dengan menggunakan kalimat pujian · Siswa dapat memperagakan percakapan yang telah dibuat | Lisan Tertulis Penugasan | Lembar penilaian Produk | · Buatlah beberapa kalimat pujian ! |
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
& Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. 3. | Pengetahuan Praktek Sikap | * Pengetahuan * kadang-kadang Pengetahuan * tidak Pengetahuan * aktif Praktek * kadang-kadang aktif * tidak aktif * Sikap * kadang-kadang Sikap * tidak Sikap | 4 2 1 4 2 1 4 2 1 |
& LEMBAR PENILAIAN
No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | ||
Pengetahuan | Praktek | Sikap | |||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. | | | | | | | |
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel Bahasa Indonesia.
.................................. ..................................
NIP : NIP :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ..................................
Pelajaran : V
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester : 6/ Pertama
Standar Kompetansi : 3. Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas
Waktu : 2 X 35 menit
MEMBACA
A. Kompetensi Dasar
3.1 Mendeskrifsikan isi dan teknik penyajian suatu laporan hasil pengamatan/kunjungan
B. Tujuan Pembelajaran**
§ Siswa dapat Membaca laporan hasil pengamatan dan memahami bagian-bagian kerangka yang terdapat dalam teks laporan tersebut
§ Siswa dapat Menjawab pertanyaan berdasarkan isi laporan pengamatan
§ Siswa dapat Menyusun laporan kegiatan sesuai kerangka
§ Siswa dapat Melaporkan hasil pengamatan di depan kelas
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
C. Materi Pokok
§ Laporan hasil pengamatan
D. Pengalaman Belajar
§ Kegiatan Awal :
Apersepsi dan Motivasi :
- Tanya jawab tentang Materi pelajaran yang akan dipelajari
- Mengajukan pertanyaan tentang tek bacaan laporan pengamatan yang akan dibaca
§ Kegiatan Inti :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan kembali isi laporan hasil pengamatan dengan bahasa sendiri
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membaca laporan hasil pengamatan
F Membahas isi laporan hasil pengamatan
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Tanya jawab,diskusi,penugasan
F Membaca laporan hasil pengamatan yang relepan kemudian mencatat isinya
E. Metode/Sumber Belajar:
§ Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
§ Sumber Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP
F. Penilaian
Indikator Pencapaian | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen |
· Siswa dapat membaca laporan hasil pengamatan dan memahami bagian-bagian kerangka yang terdapat dalam teks laporan tersebut · Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan isi laporan pengamatan · Siswa dapat menyusun laporan kegiatan sesuai kerangka · Siswa dapat melaporkan hasil pengama-tan di depan kelas | Lisan Tertulis Penugasan | Lembar penilaian Produk | · Jawablah pertanyaan berdasarkan isi laporan pengama-tan ! |
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
& Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. 3. | Pengetahuan Praktek Sikap | * Pengetahuan * kadang-kadang Pengetahuan * tidak Pengetahuan * aktif Praktek * kadang-kadang aktif * tidak aktif * Sikap * kadang-kadang Sikap * tidak Sikap | 4 2 1 4 2 1 4 2 1 |
& LEMBAR PENILAIAN
No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | ||
Pengetahuan | Praktek | Sikap | |||||
1. 2. 3. 4. 5. | | | | | | | |
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel Bahasa Indonesia.
.................................. ..................................
NIP : NIP :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ..................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester : 6/ Pertama
Standar Kompetansi : 3. Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas
Waktu : 2 X 35 menit
MEMBACA
A. .Kompetensi Dasar
3.2 Menanggapi informasi kelompok/rubric khusus ( majalahanak,Koran dll )
B. Tujuan Pembelajaran**
§ Siswa dapat Membaca intensif teks bacaan
§ Siswa dapat Menyatakan pernyataan yang sesuai dengan isi bacaan
§ Siswa dapat Mencatat informasi-informasi penting dari bacaan
§ Siswa dapat Menanggapi isi bacaan
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
C. Materi Pokok
§ Teks Bacaan
D. Pengalaman Belajar
§ Kegiatan Awal :
Apersepsi dan Motivasi :
- Tanya jawab tentang Materi pelajaran yang akan dipelajari
- Mengajukan pertanyaan tentang tek bacaan yang akan dibaca atau didengar
§ Kegiatan Inti :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Membaca intensif teks bacaan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menentukan pernyataan yang sesuai dengan isi bacaan
F Mencatat informasi penting dari bacaan
F Menanggapi isi bacaan
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Tanya jawab,diskusi,penugasan
F Membaca teks bacaan lain / buku bacaan yang relepan
E. Metode/Sumber Belajar:
§ Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
§ Sumber Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP
F. Penilaian
Indikator Pencapaian | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen |
· Siswa membaca intensif teks bacaan · Siswa menyatakan pernyataan yang sesuai dengan isi bacaan · Siswa mencatat informasi- informasi penting dari bacaan · Siswa menanggapi isi bacaan | Lisan Tertulis Penugasan | Lembar penilaian Produk | · Buatlah pernyataan yang sesuai dengan isi bacaan ! · Buatlah catatan informasi- informasi penting dari bacaan! |
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
& Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. 3. | Pengetahuan Praktek Sikap | * Pengetahuan * kadang-kadang Pengetahuan * tidak Pengetahuan * aktif Praktek * kadang-kadang aktif * tidak aktif * Sikap * kadang-kadang Sikap * tidak Sikap | 4 2 1 4 2 1 4 2 1 |
& LEMBAR PENILAIAN
No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | ||
Pengetahuan | Praktek | Sikap | |||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. | | | | | | | |
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel Bahasa Indonesia.
.................................. ..................................
NIP : NIP :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ..................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester : 6/ Pertama
Standar Kompetansi : 4. Mengungkapkan pikiran,perasaan,dan informasi secara tertulis dalam bentuk formulir,ringkasan,dialog dan parafrase
Waktu : 4 X 35 menit
MENULIS
A. Kompetensi Dasar
4.1.Mengisi formulir ( pendaftaran , kartu anggota, wesel pos,kartu pos,daftar riwayat hidup dll ) dengan benar
B. Tujuan Pembelajaran**
§ Siswa dapat Memahami penulisan wesel pos
§ Siswa dapat Mengisi wesel pos berdasarkan keterangan yang sudah ditentukan
§ Siswa dapat Memahami kalimat anjuran
§ Siswa dapat Memilih kalimat anjuran yang tepat
§ Siswa dapat Membuat kalimat anjuran
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
C. Materi Pokok
§ Wesel pos
D. Pengalaman Belajar
§ Kegiatan Awal :
Apersepsi dan Motivasi :
- Tanya jawab tentang Materi pelajaran yang akan dipelajari
- Mengajukan pertanyaan tentang puisi yang akan dibacakan
§ Kegiatan Inti :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memahami cara penulisan wesel pos
F Memahami kalimat anjuran yang tepat
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengisi wesel pos berdasrkan keterangan yang sudah ditentukan
F Membuat kalimat anjuran
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Tanya jawab,diskusi,penugasan
F Mengisi blanko wesel pos dan mengirimkannya ke alamat teman,saudara ,atau orang tua
E. Metode/Sumber Belajar:
§ Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
§ Sumber Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP
F. Penilaian
Indikator Pencapaian | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen |
· Siswa dapat memahami penulisan wesel pos · Siswa dapat mengisi wesel pos berdasar-kan keterangan yang sudah ditentukan · Siswa dapat memahami kalimat anjuran · Siswa dapat memilih kalimat anjuran yang tepat · Siswa dapat membuat kalimat anjuran | Lisan Tertulis Penugasan | Lembar penilaian Produk | · Isilah wesel pos berdasar-kan keterangan yang sudah ditentukan! |
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
& Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. 3. | Pengetahuan Praktek Sikap | * Pengetahuan * kadang-kadang Pengetahuan * tidak Pengetahuan * aktif Praktek * kadang-kadang aktif * tidak aktif * Sikap * kadang-kadang Sikap * tidak Sikap | 4 2 1 4 2 1 4 2 1 |
& LEMBAR PENILAIAN
No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | ||
Pengetahuan | Praktek | Sikap | |||||
1. 2. 3. 4. 5. | | | | | | | |
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel Bahasa Indonesia.
.................................. ..................................
NIP : NIP :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ..................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester : 6/ Pertama
Standar Kompetansi : 4. Mengungkapkan pikiran,perasaan,dan informasi secara tertulis dalam bentuk formulir,ringkasan,dialog dan parafrase
Waktu : 4 X 35 menit
MENULIS
A. Kompetensi Dasar
4.2. Membuat ringkasan dari teks yang dibaca atau didengar
B. Tujuan Pembelajaran**
§ Siswa dapat Membaca cerita pendek
§ Siswa dapat Menjawab pertanyaan berdasarkan cerita yang dibaca
§ Siswa dapat Menentukan urutan peristiwa cerita pendek
§ Siswa dapat Meringkas cerita yang dibaca berdasarkan urutan peristiwa
§ Siswa dapat Mengidentifikasi kata-kata bersinonim yang terdapat dalam teks bacaan
§ Siswa dapat Mencari antonym kata yang terdapat dalam bacaan
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
C. Materi Pokok
§ Teks Cerita pendek
D. Pengalaman Belajar
Apersepsi dan Motivasi :
§ Kegiatan Awal :
- Tanya jawab tentang Materi pelajaran yang akan dipelajari
- Mengajukan pertanyaan tentang teks cerita pendek yang akan dibacakan
§ Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Membaca cerita pendek
F Menjawab pertanyaan berdasrkan cerita pendek yang dibaca
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menentukan urutan peristiwa cerita pendek
F Meringkas cerita pendek yang dibaca
F Mengidentifikasi kata-kata bersinonim yang terdapat dalam ceriota yang dibaca
F Mencari antonym kata-kata yang terdapat dalam cerita yang dibaca
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Tanya jawab,diskusi,penugasan
F Membaca cerita pendek yang lain dan meringkas isi ceritanya
F Menentukan antonym dan sinonim kata yang ada dalam cerita pendek yang dibaca
E. Metode/Sumber Belajar:
§ Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
§ Sumber Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP
F. Penilaian
Indikator Pencapaian | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen |
· Siswa dapat membaca cerita pendek · Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasar-kan cerita yang dibaca · Siswa dapat menentukan urutan peristiwa cerita pendek · Siswa dapat meringkas cerita yang dibaca berdasar-kan urutan peristiwa · Siswa dapat mengidentifikasi kata-kata bersinonim yang terdapat dalam teks bacaan · Siswa dapat mencari antonym kata yang terdapat dalam bacaan | Lisan Tertulis Penugasan | Lembar penilaian Produk | · Jawablah pertanyaan berdasar-kan cerita yang di baca! · Buatlah ringkasan cerita yang dibaca berdasar-kan urutan peristiwa! |
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
& Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. 3. | Pengetahuan Praktek Sikap | * Pengetahuan * kadang-kadang Pengetahuan * tidak Pengetahuan * aktif Praktek * kadang-kadang aktif * tidak aktif * Sikap * kadang-kadang Sikap * tidak Sikap | 4 2 1 4 2 1 4 2 1 |
& LEMBAR PENILAIAN
No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | ||
Pengetahuan | Praktek | Sikap | |||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. | | | | | | | |
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel Bahasa Indonesia.
.................................. ..................................
NIP : NIP :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ..................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester : 6/ Pertama
Standar Kompetansi : 4. Mengungkapkan pikiran,perasaan,dan informasi secara tertulis dalam bentuk formulir,ringkasan,dialog dan parafrase
Waktu : 4 X 35 menit
MENULIS
A. Kompetensi Dasar
4.3 Menyusun percakapan tentang berbagai topic dengan memperhatikan penggunaan ejaan yang baik dan benar Tanda titik dua ( : )
B. Tujuan Pembelajaran**
§ Siswa dapat Memahami penggunaan tanda titik dua (:) dalam teks percakapan
§ Siswa dapat Memperagakan teks percakapan
§ Siswa dapat Mencatat informasi penting yang terdapat dalam teks percakapan
§ Siswa dapat Melengkapi teks percakapan yang belum selesai
§ Siswa dapat Memperagakan teks percakapan yang dibuat sendiri
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
C. Materi Pokok
§ Teks Percakapan
D. Pengalaman Belajar
§ Kegiatan Awal :
Apersepsi dan Motivasi :
- Tanya jawab tentang Materi pelajaran yang akan dipelajari
- Mengajukan pertanyaan tentang tek percakapan yang akan dibaca atau didengarkan
§ Kegiatan Inti :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memahami penggunaan tanda titik dua ( : ) dalam teks percakapan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memperagakan teks percakapan
F Mencatat informasi penting yang terdapat dalam teks percakapan
F Melengkapi teks percakapan yang belum selesai
F Memperagakan teks percakapan yang dibuat sendiri
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Tanya jawab,diskusi,penugasan
F Menyusun percakapan dan memperagakannya di depan kelas
E. Metode/Sumber Belajar:
§ Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
§ Sumber Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP
F. Penilaian
Indikator Pencapaian | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen |
· Siswa memahami penggunaan tanda titik dua ( : ) dalam teks percakapan · Siswa memperagakan teks percakapan · Siswa mencatat informasi penting yang terdapat dalam teks percakapan · Siswa melengkapi teks percakapan yang belum selesai · Siswa memperagakan percakapan yang dibuat sendiri | Lisan Tertulis Penugasan | Lembar penilaian Produk | · Buatlah catatan informasi penting yang terdapat dalam teks percaka-pan! |
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
& Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. 3. | Pengetahuan Praktek Sikap | * Pengetahuan * kadang-kadang Pengetahuan * tidak Pengetahuan * aktif Praktek * kadang-kadang aktif * tidak aktif * Sikap * kadang-kadang Sikap * tidak Sikap | 4 2 1 4 2 1 4 2 1 |
& LEMBAR PENILAIAN
No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | ||
Pengetahuan | Praktek | Sikap | |||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. | | | | | | | |
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel Bahasa Indonesia.
.................................. ..................................
NIP : NIP :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ..................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester : 6/ Pertama
Standar Kompetansi : 4. Mengungkapkan pikiran,perasaan,dan informasi secara tertulis dalam bentuk formulir,ringkasan,dialog dan parafrase
Waktu : 4 X 35 menit
MENULIS
A. Kompetensi Dasar
4.4 Mengubah puisi ke dalam bentuk prosa dengan tetap memperhatikan makna puisi
B. Tujuan Pembelajaran**
§ Siswa dapat Memahami cara mengubah puisi menjadi prosa
§ Siswa dapat Membaca puisi dengan penghayatan yang baik
§ Siswa dapat Mempara frasekan puisi
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
C. Materi Pokok
§ Puisi
D. Pengalaman Belajar
§ Kegiatan Awal :
Apersepsi dan Motivasi :
- Tanya jawab tentang Materi pelajaran yang akan dipelajari
- Mengajukan pertanyaan tentang puisi yang akan dibacakan
§ Kegiatan Inti :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memahami cara mengubah puisi menjadi prosa
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membaca puisi dengan penghayatan yang baik
F Memparafrasekan puisi
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Tanya jawab,diskusi,penugasan
F Memparafrasekan puisi lain dan membacakan hasilnya di depan kelas
E. Metode/Sumber Belajar:
§ Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
§ Sumber Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP
F. Penilaian
Indikator Pencapaian | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen |
· Siswa dapat memahami cara mengubah puisi menjadi prosa · Siswa dapat membaca puisi dengan penghayatan yang baik · Siswa dapat memparafrasekan puisi | Lisan Tertulis Penugasan | Lembar penilaian Produk | · Jelaskan cara mengubah puisi menjadi prosa! |
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
& Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. 3. | Pengetahuan Praktek Sikap | * Pengetahuan * kadang-kadang Pengetahuan * tidak Pengetahuan * aktif Praktek * kadang-kadang aktif * tidak aktif * Sikap * kadang-kadang Sikap * tidak Sikap | 4 2 1 4 2 1 4 2 1 |
& LEMBAR PENILAIAN
No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | ||
Pengetahuan | Praktek | Sikap | |||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. | | | | | | | |
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel Bahasa Indonesia.
.................................. ..................................
NIP : NIP :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar